FX HARSONO
Publications & Writings

Catatan 2011
ditulis oleh FX Harsono

Kalender 2011 hampir berakhir. Tahun ini partisipasi saya di seni rupa Indonesia boleh dibilang tidak ada. Sejak 2010 saya memang lebih memfokuskan aktivitas saya di luar Indonesia, terutama di Eropa. Gayung bersambut, upaya saya membuahkan hasil. Pada akhir 2010 saya mulai mendapat tawaran untuk secara aktif bekerjasama dengan ARNDT Gallery di Berlin dan Tyler Rollins di New York. Ada pula undangan dari beberapa institusi independen seperti undangan pameran kelompok di 4A di Sydney, 4th Moscow Biennale, dan di MACRO atau Museo D’Arte Contemporanea Roma, dan beberapa lagi.

Aktivitas 2011 dimulai dengan pameran kelompok di 4A, Sydney yang berjudul “Edge of Elsewhere”. Kemudian pameran “Closing The Gap”, yang diselenggarakan oleh Melbourne Institute of Fine Art (MIFA), di Melbourne, Australia. Setelah itu ada “Negotiating Home, History and Nation: Two Decades of Contemporary Art in Southeast Asia, 1991 – 2011” oleh Singapore Art Museum, Singapura. “Beyond The Self”, diselenggarakan oleh National Portrait Gallery, Canberra, Australia. Kemudian pameran “Asia: Looking South”, ARNDT Gallery, Berlin, Jerman; “NOW INK: A Call For New Perceptions”, suatu proyek khusus pada SH Contemporary ke-5, Shanghai Exhibition Center, Shanghai. Kemudian 4th Moscow Biennale, Moscow, Russia, yang dikurasi oleh Peter Weibel. Saya juga memberi workshop di 4A dengan tema “Memory of A Name” yang diselenggarakan sejak Juli yang lalu dan berkesinambungan pada Oktober ini dan akan dilanjutkan dengan pameran pada Januari 2012 nanti. Akhir 2011 akan saya tutup dengan pameran “Beyond The East” di MACRO, Roma, Italia, yang dikurasi oleh Dominique Lora.

Dalam kegiatan tersebut, tidak selalu karya-karya baru yang dipamerkan. Pada 2011, selain karya dua dimensi yang saya buat, saya juga membuat video performance yang mendapat sambutan baik dari beberapa institusi, terutama Arthub. Ada beberapa karya dua dimensi yang merupakan bagian dari seri “The Erased Name” juga dari seri “Writing in The Rain”. Kini saya akan mulai dengan seri “The Outsider”. Saya juga memperbarui instalasi Bong Belung yang akan dipamerkan di MACRO nanti.

Kegiatan lain yang cukup menyita waktu dan tenaga adalah riset tentang nama Tionghoa yang telah dihapus dan memori kolektif yang didapatkan dari peristiwa penggantian nama Tionghoa menjadi nama Indonesia. Riset saya mulai sejak awal 2011. Riset yang berbasis pada sejarah dan kemudian berkembang pada persoalan posisi orang Tionghoa dalam pembentukan kebangsaan Indonesia dan persoalan sejarah nasional Indonesia, di mana peran orang Tionghoa selalu tereliminasi dalam pencatatan sejarah nasional. Seluruh hasil riset akan saya pergunakan sebagai bahan pembuatan karya senirupa. Sampai saat ini riset yang saya lakukan terus berkembang dan belum selesai.

Bagaimana dengan program 2012? Saya hanya merencanakan dua pameran tunggal, yaitu Maret di Tyler Rollins, NY dan Juli di ARNDT, Berlin. Selebihnya saya akan lebih berkonsentrasi pada riset dan pembuatan karya untuk program pameran tunggal saya di tahun 2013, yang belum bisa saya informasikan secara rinci. Saya akan lebih menitikberatkan aktivitas saya pada institusi independen.

Sampai jumpa di aktivitas saya tahun 2012.

Copyright©FX Harsono's dev